Reksadana dan P2P Lending, Jenis Investasi yang Digemari Millennial Saat Ini

Siapa yang tak ingin masa pensiunnya bahagia dan dapat menjalani hari tua dengan tenang, tanpa harus disibukkan dengan urusan pekerjaan. Tentunya untuk menyiapkan masa tua, seseorang membutuhkan bisnis sebagai sebuah investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Salah satu pilihan bisnis adalah investasi. Dengan seseorang menginvestasikan uangnya, maka uang tersebut akan lebih bermanfaat. Dan ia pun akan memperoleh keuntungan dari hasil investasinya tersebut.

Karena sebuah investasi akan membuat dana yang disimpan menjadi terus bertambah nilainya, sehingga bisa membuat keperluan masa depan dan hari tua lebih terjamin. Beberapa jenis investasi keuangan yang menjanjikan saat ini diantaranya adalah investasi reksadana, P2P Lending Marketplace, deposito, obligasi, saham dan lain-lain.

Tentunya setiap jenis investasi tersebut memiliki resikonya masing-masing. Beberapa orang  yang belum mengenal investasi-investasi tersebut, bahkan enggan melakukannya dan lebih memilih hanya menabungkan saja uang mereka secara konvensional.

Namun, untuk orang-orang yang telah mengenal beberapa jenis investasi tersebut, tentu lebih selektif dalam memilih mana investasi yang lebih menguntungkan dan dinilai mempunyai sedikit resiko.

Khusus investasi reksadana dan P2P Lending Marketplace, beberapa fakta menyebutkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada kedua investasi ini. Berikut perbedaan dari kedua jenis jenis investasi tersebut.

Berkaitan dengan Jangka Waktu

Untuk reksasana, investasi dilakukan bersifat jangka panjang. Hal ini tentu tidak cocok bagi mereka yang menginginkan investasi yang mereka lakukan memiliki perputaran pengembalian yang cepat. Misalnya mereka yang berinvestasi ingin mendapat hasil investasi setiap bulan, sebagai tambahan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Sedangkan P2P Lending Marketplace, investasi bisa dilakukan dengan jangka waktu yang cukup singkat. Setidaknya kurang dari 6 bulan Anda sudah bisa menikmati keuntungan dari investasi di P2P Lending Marketplace.

Butuh Modal Besar

Investasi reksadana selain bersifat jangka panjang, ternyata untuk mendapat keuntungan yang besar, jumlah yang harus diinvestasikan juga cukup besar. Bisa dikatakan bahwa investasi reksadana hanya cocok untuk investor berdana besar.

Sedangkan untuk investasi P2P Lending Marketplace, kalangan masyarakat menengah juga bisa ikut berinvestasi di sini.  Karena investasi bisa mulai dilakukan dengan modal 1,5 juta saja, dengan keuntungan yang bisa diraih sebesar 12 -15 % per tahun.

Cara Kerja

Reksadana yang dikenal sebagai tempat menghimpun dana masyarakat membutuhkan portofolio efek dari seorang manajer investasi. Untuk itu sebelum melakukan investasi seorang pemodal harus benar-benar selektif dalam memilih manajer investasi yang bekerja. Walau begitu, seluruh reksadana telah terdata oleh pemerintah dan bersifat legal.

Berbeda dengan investasi reksadana, P2P Lending Marketplace merupakan perusahaan fintech yang telah berkolaborasi dengan beberapa pihak yang terpercaya seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PBB Pulselab Jakarta, Perusahan Penjaminan Kredit Jamkrindo, Asuransi Jiwa dan beberapa Universitas di Indonesia.

Di mana berdasarkan cara investasi kerjanya, dana investasi yang disalurkan ke peminjam akan melewati tahapan seleksi, yaitu proses seleksi calon peminjam akan dilakukan berdasarkan analisa usaha dan kepribadian, yang dibuat dalam algoritma skor, sehingga kemungkinan akan gagal bayar dan resiko lainnya dapat diminimalisir sejak awal.

Jadi, dana investasi akan tetap aman dan terus berputar sebagaimana mestinya. Karena sifat investasinya jangka pendek, dan bukan jangka panjang seperti investasi reksadana, investor juga bisa menarik investasinya atau kembali meneruskan investasi tersebut.

Salah satu perusahaan fintech yang terpercaya dengan platformnya P2P Lending Marketplace adalah Amartha. Berdiri sejak tahun 2010, perusahaan ini terbukti telah membantu hampir 74% UMKM di Indonesia untuk mendapat peluang pinjaman.

Demikian perbedaan antara investasi reksadana dengan P2P Lending Marketplace. Mana investasi yang hendak Anda pilih?

 

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*